Tuesday 19 April 2016

PERESMIAN UPT LAHAN KERING UNDANA



GUBERNUR NTT RESMIKAN LABORATORIUM  LAHAN KERING UNDANA

Gedung Unit Pelaksana Teknis (UPT) Laboratorium Lapangan Terpadu Lahan Kering Kepulauan (LLTLKK) Universitas Nusa Cendana (UNDANA) Kupang, diresmikan penggunaannya oleh Gubernur NTT, Frans Lebu Raya, Jumat (15/4), di Kompleks Kampus Undana.  Peresmian gedung yang bermanfaat untuk melakukan riset dan penemuan inovasi itu ditandai dengan penekanan tombol sirine.

Dihadapan undangan yang hadir, Gubernur Lebu Raya berpesan untuk selalu mendukung gebrakan yang dilakukan Rektor Undana, Fred Benu, dalam mengolah lahan kering menjadi lahan produktif. Hal ini perlu didukung karena masyarakat NTT pada umumnya bermata pencarian sebagai petani, peternak dan nelayan sehingga perlu adanya terobosan ilmu pengetahuan dan teknologi pertanian khususnya lahan kering.

Gubernur Frans Lebu Raya mendukung sepenuhnya terobosan yang dilakukan Undana melalui Laboratorium Lapangan Terpadu Lahan Kering bagi pemanfaatan teknologi pertanian. “NTT dikenal sebagai daerah tropis sehingga membutuhkan Sumberdaya Manusia yang mampu melakukan riset dan inovasi dalam mengolah lahan kering. Melalui laboratorium ini diharapkan dapat menciptakan tenaga ahli bidang pertanian lahan kering di daerah ini” tambah Gubernur.

Sementara itu, Rektor Undana, Fred Benu meminta para bupati untuk dapat memanfaatkan sarana laboratorium lahan kering yang dimiliki Undana dengan melibatkan para petani untuk menambah ketrampilan para petani. Dengan begitu, jelas Fred Benu, hasil riset dan produk teknologi berbasis lahan kering kepulauan dapat menjadi rujukan bagi para petani dalam mengolah lahan kering secara efektif.

Usai peresmian gedung UPT LLTLKK, Gubernur didamping Rektor Fred Benu serta para Bupati meninjau ruang laboratorim dan menyaksikan pameran produk pangan lokal. Acara dilanjutkan dengan panen perdana jagung di kebun percontohan Undana Kupang. Turut hadir pada saat itu, Bupati Kupang, Ayub Titu Eki, Bupati Belu, Willybrodus Lay, Bupati Malaka Stef Bria Seran, Bupati Manggarai Deno Kamilus, Bupati Ngada Marianus Sae, Bupati Sabu Raijua, Marthen Dira Tome, Wakil Bupati Timor Tengah Utara, Alosius Kobes, Wakil Bupati Rote Ndao, Jonas Lun, Dirut PT Bank NTT, Daniel Tagu Dedo, Para Pembantu Rektor dan Dekan serta Undangan.


0 komentar:

Post a Comment