Tuesday 23 August 2016

GUBERNUR MINTA GELAR KEJUARAAN DAERAH





Oleh : Wilson Boymau

            Gubernur NTT, Drs. Frans Lebu Raya, selaku Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) NTT, Rabu (11/5), di Swiss Belin Hotel, Kupang, meminta pengurus KONI Kabupaten dan Kota di NTT untuk melakukan langkah terobosan memajukan olahraga di Provinsi NTT. Langkah yang ditempuh yaitu menggelar berbagai kejuaraan dalam semua cabang olahraga sehingga dapat menciptakan atlet-atlet terbaik untuk mewakili daerahnya.

            Menurutnya, upaya untuk menciptakan prestasi di bidang olahraga  dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satu cara yang paling penting, yaitu menggelar kejuaraan daerah di tingkat kabupaten dan kota. Dengan begitu, daerah dapat mengirim atlet-atlet terbaik untuk berlaga di tingkat provinsi  bahkan nasional.

“Saya sudah mendapat laporan bahwa ada kabupaten yang tidak pernah menyelenggarakan kejuaraan olahraga. Padahal, setiap kejuaraan sangat penting untuk menumbuhkan semangat olahraga di kalangan masyarakat sekaligus melahirkan atlet yang menjadi andalan bagi daerahnya. Caranya, setiap daerah mengirim satu atau dua atlit berprestasi dari cabang olahraga andalannya,” kata Gubernur Lebu Raya, dihadapan Ketua Harian dan Pengurus KONI tingkat Kabupaten dan Kota, saat membuka Rapat Anggota KONI  Tahun 2016.
            Gubernur menandaskan berbagai event kejuaraan olahraga, perlu dilakukan mulai dari pinggiran, yaitu dari tingkat desa, kelurahan dan kecamatan. Hanya dengan begitu, akan terpantau potensi anak-anak di pedesaan yang memiliki bakat olahraga. “Kita harus jujur dan objektif menilai apakah anak-anak di desa pantas untuk dilatih jadi atlet olahraga atau tidak. Kita harus berikan kesempatan kepada mereka untuk berkembang dan berprestasi dalam berbagai bidang,” ungkap Lebu Raya.

            Gubernur Frans Lebu Raya, didampingi Ketua Harian KONI NTT, Andre Koreh dan Sekretaris KONI NTT, Lambert Tokan, menjelaskanuntuk menciptakan prestasi dalam bidang olahraga, perlu menggelar berbagai kejuaraan di daerah. Lewat kejuaraan daerah akan memotivasi anak-anak untuk berjuang meraih prestasi dan menjadi atlit terbaik.Terkait konsolidasi organisasi, kata Gubernur, penting untuk mengevaluasi kinerja dan program kerja tahun lalu. Apa saja yang telah dikerjakan, apa kegagalannya dan kesuksesan yang diraih.

            Ketua Panitia Umbu Saga Anakaka, dalam laporannya rapat anggota KONI NTT berlangsung selama dua hari dari tanggal 11 sampai 12 Mei 2016. Rapat tersebut diikuti oleh  peserta dari 22 kabupaten/kota, yaitu Ketua Harian  KONI Kabupaten/Kota dan 29 pengurus cabang olahraga. Rapat tersebut dilaksanakan berdasarkan Anggaran Dasar dan Rumah Tangga KONI NTT pasal 33 ayat 1 sampai 5 dan Anggaran Rumah Tangga KONI  pasal 37 ayat 4.

0 komentar:

Post a Comment